Jumat, 12 Oktober 2012

BERANGKAT DARI KERJA KERAS DAN KESEDERHANAAN

Aku terlahir dari keluarga yang kurang beruntung secara ekonomi, tapi kedua orang tuaku adalah pekerja keras walaupun hanya bekerja sebagai buruh Tani, kadang jadi tukang areng,....jadi nelayanpun bapaku pernah,...Ibuku hanyalah seorang ibu rumah tangga sejati tapi terkadang kalau ada waktu ibuku juga ikut membantu bapaku sambil berjualan ikan. Mungkin Allah Swt telah mentakdirkan aku terlahir dari kedua orang tuaku yang sederhana tapi bagiku itu adalah sebuah kebanggaan, dengan kesederhanaan itulah aku banyak belajar hidup mandiri, kerja keras.

Aku Lahir di sebuah perkampungan yang jarak rumahnya tidak jauh dari pinggir pantai yaitu Kampung Duraen Desa Muara Kecamatan Wanasalam Banten sehingga keseharianku biasa bermain di pinggir pantai. aku ingat betapa gigihnya bapakku untuk mencari nafkah....hari - harinya selalu penuh dengan kesibukan sebagai buruh Tani. aku lahir anak ke - 7 dari 12 bersaudara, dan dua orang adiku meninggal waktu aku masih kecil menurut cerita ibuku. Aku sekolah terbiasa jalan kaki dengan jarak tempuh 3 km, pulang pergi sekitar 6 km. si sebuah SD inpres di Desaku, dan aku hanya di beri uang jajan Rp.100,- ( seratus rupiah) selama 6 Tahun di SD tersebut. Alhamdulillah waktu SD aku selalu mendapatkan Ranking 3 besar sehingga guru - guruku selalu memotivasi aku untuk melanjutkan sekolah ke SMP, padahal kedua orang tuaku tidak mengijinkan aku untuk sekolah lagi karena keadaan ekonomi yang tidak memungkinkan. Untung pada waktu kelulusan SD aku dapat ranking 1....membuat ibuku jadi bingung, aku disekolahkan tidak ada biaya,..tidak di sekolahkan kata ibuku sayang karena dapat ranking 1. akhirnya aku memaksakan diri di daftarkan oleh kakaku yang sudah duluan daftar ke SMP. Alhamdulillah begitu aku masuk SMP aku mendapatkan Beasiswa dari kelas 1 sampai lulus sehingga aku tak perlu lagi merepotkan kedua orangtuaku untuk bayar SPP. aku hanya punya modal keberanian saja sehingga waktu itu aku aktif di OSIS SMP temen temenku mempercayai aku sebagai Ketua nya.

Tiga tahun kemudian aku Lulus di SMP,...jauh - jauh hari ibukun sudah bilang jangan melanjutkan ke sekolah  lagi ibuku menyuruhku untuk bekerja, namun karena aku terus punya keinginan yang kuat akhirnya aku memutuskan untuk daftar ke SMA walaupun tidak punya biaya. Karena Alhamdulillah nilaiku terbesar ke 3 dari temen-temenku. Akhirnya aku duduk di SMA........( bersambung)......

NKRI HARGA MATI


Kamis, 11 Oktober 2012


SILABUS
MATA KULIAH: LANDASAN PENDIDIKAN

Dosen                          : AEP, S.Pd,.
Asisten Dosen             :
Bobot                           : 2 SKS
Prodi/smstr/kls           :
Tahun Akademik         : 2012/2013


PENGANTAR                                                                                                                                       

Pendidikan dimaknai beragam, perspektif-lah yang akan menentukan kemana terminologi pendidikan itu akan dinyatakan. Karenanya perlu pijakan yang kuat dan komprehensif untuk mengarahkan terminology pendidikan secara proporsional. Berbagai hal yang berkenaan dengan pendidikan akan berawal dari pemaknaan mendalam tentang manusia. Sebab manusia adalah sekaligus sebagai subjek dan objek dalam pendidikan. Pemaknaan yang tepat tentang manusia akan memberikan stimulan awal yang positif dalam membangun pijakan lainnya dalam pendidikan.
Selanjutnya, landasan pendidikan akan berkaitan dengan kontekstualisasi. Bahwa landasan konsepsional tentang pendidikan akan tergantung pada isu-isu yang berkaitan dengan term pendidikan pada saat itu pula. Karenanya, akan dibahas dalam pertemuan ini pendidikan yang berkaitan dengan pelbagai isu up to date, misalnya sisdiknas 20/2003. Hal ini ditujukan untuk memberi makna kontekstualisasi terminology pendidikan terhadap tuntutan zaman. Sehingga sejatinya pendidikan sebagai ruh dari peradaban manusia dapat tercapai.  
  



SILABUS
  1. Manusia dan pendidikan 
  2. Berbagai tinjauan tentang landasan pendidikan
  3. Hakekat, tujuan dan berbagai aliran dalam pendidikan
  4. Pendidikan formal, informal dan non formal
  5. Konsep dasar dan system pendidikan (pengertian, ciri, dan komponen system pendidikan)
  6. Konsep belajar dan teori belajar. (Keutamaan membangun komunikasi dalam proses belajar). 
  7. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar
  8. Keberhasilan belajar dan berbagai upaya untuk memotivasi siswa dalam belajar
  9. Profesi guru dalam proses pendidikan transformatif
  10. Konsep mutu pendidikan dan berbagai upaya peningkatannya
  11. Life skill dan konsep pendidikan seumur hidup
  12. Berbagai permasalahan dalam dunia pendidikan
  13. Inovasi pendidikan




STANDAR PENILAIAN
1.      Kehadiran dan keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung. Bagi mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 75 % tidak diperkenankan mengikuti Ujian Akhir Semester
2.      Penyelesaian tugas-tugas, yang mencakup; tugas individual, terstruktur (makalah), dan tugas akhir.
3.      Hasil Ujian Tengah Semester
4.      Hasil Ujian Akhir Semester



REFERENSI

1.      Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin Juz III
2.      Al-Attas. Nuquib, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam, Bandung: Mizan, 2003.
3.      Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam, cet ke-2, Jakarta: Logos, 2000.
4.      Al-Kailani, Muhammad ‘Arsan, Tathawwur Maftium Nadhariyyah at-Tarbiyah al-Islamiyah, Madinah Munawarrah: Daar as-Salam, 1985.
5.      Arikunto, Suharsimi. (1991). Pengelolaan Kelas Dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.
6.      Ahmad, Muhammad Abdul, Thuruqu Ta’lim at-Tarbiyah al-Islamiyyah, Kairo, Maktabah Nahdliali al-Misriyyali, 1981.
7.      Afifudin, Administrasi Pendidikan, Insan Mandiri: Bandung, 2006.
8.      _______, Sejarah Pendidikan Umum, Insan Mandiri: Bandung, 2007
9.      Muhammad Nur Ibn Abd Hafidz, Manhaj at-Tarbiyah an-Nabawiyah li at-Thifli, Dar Ibn Katsri: Damaskus, 1993
10.  Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu, Jakarta: Teraju, 2004.
11.  Langgulung, Hasan, Asas-Asas Pendidikan Islam, al-Husna Dzikra: Jakarta, 2000.
12.  _________, Manusia dan Pendidikan. Pustaka al-Husna: Jakarta, 1986.
13.  Marimba, Ahmad D. (1987). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung, Al-Maa’rif
14.  Nahlawi, Abdurrahman, Ushul at-Tarbiyah al-Islamiyah, Daar Fikri, Beirut, 1999
15.  Said Ismail ‘Ali, Falsafah at-Tarbiyah ‘inda Ibnu Shina, Daar ats-Tsaqafah, 1984
16.  Tafsir, Alimad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Rosda Karya, 1992.
17.  ________, ed, Teori-teori Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah: Bandimg, 2001
18.  _________,Metodologi Pengajaran Agama Islam, Rosda Karya: Bandung. 2007
19.  Wagener, Frank C, The Organic Philosophy of Education, Greenwood Press,
20.  Whitehead, The Aims of Education, The Mac Millan Company, 1929, Westport, Connnecticut, 1974 (reprinted)
  1. Uus Ruswandi dkk, Landasan Pendidikan, Insan Mandiri Press
  2. Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  3. Undang undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)

Dosen                          : AEP,S.Pd, C.M.Pd
Bobot                           : 2 SKS
Prodi/smstr/kls           : Matematika
Tahun Akademik         : 2011/2012

No
Pert ke
Materi/Pokok Bahasan
Kompetensi Dasar
Indikator
Metode
Media
Teknik Evaluasi
1
I
Kontrak belajar
Kesemaan persepsi

Ceramah


2
II
Manusia dan pendidikan
-        Memahami hakekat dan eksistensi manusia.
-        Mengetahui konsep dasar pendidikan.
-        Menjelaskan hakekat dan eksistensi manusia.
-        Memaparkan konsep dasar pendidikan. 
Ceramah
Tanya Jawab
White board
Hand out
Penilaian
Proses dan hasil
3
III
Berbagai tinjauan tentang landasan pendidikan
-        Memahami berbagai pendapat tentang landasan pendidikan.
-        Menyebutkan beberapa pendapat tentang landasan pendidikan
-        Memaparkan perbedaan masing-masing perspektif.
Ceramah
Tanya Jawab
White board
Hand out
Penilaian
Proses dan hasil
4
IV
Hakekat, tujuan dan berbagai aliran dalam pendidikan
-        Mengetahui dengan jelas aliran-aliran dalam pendidikan.
-        Mengetahui hakekat dan tujuan masing-masing aliran pendidikan.
-        Menyebutkan beberapa aliran dalam pendidikan
-        Memaparkan hakekat dan tujuan masing-masing aliran pendidikan.
Ceramah
Tanya Jawab
White board
Hand out
Penilaian
Proses dan hasil
5
V
Pendidikan formal, informal dan non formal
Mengetahui konsep pendidikan formal, informal dan non formal.
Mengetahui dan memahami bentuk-bentuk pendidikan formal, informal dan non formal.
Menjelaskan konsep pendidikan formal, informal dan non formal.
-        Menunjukkan karakteristik pendidikan formal, informal dan non formal.
Diskusi
White board
Hand out
Penilaian
Proses dan hasil
6
VI
Konsep dasar dan system pendidikan
Mengetahui dan memahami dasar-dasar pendidikan serta system pendidikan
-      Menjelaskan dasar-dasar pendidikan dan system pendidikan.
-       
-     Diskusi
-     Ceramah
Tanya jawab
-    White borad
-    OHP
-    Note Book
Penilaian
Proses dan Hasil
7
VII
Konsep belajar dan teori belajar
-          Mengetahui dan memahami konsep belajar dan teori belajar
Menjelaskan konsep belajar dan teori belajar
-      Diskusi
-          Ceramah
-          Tanya Jawab
-       White bord
-       Note book

Penilaian Proses dan Hasil
8
VIII
UTS
-           

-       


9
IX
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar
Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar
-      Diskusi
-          Ceramah
-          Tanya Jawab
-       White bord
-       Note book


Penilaian Proses dan Hasil
10
X
Keberhasilan belajar dan berbagai upaya memotivasi siswa

-          Memahami indikator keberhasilan belajar. Mengetahui berbagai upaya memotivasi siswa.
-          Menunjukkan indikator keberhasilan belajar.
-          Menjelaskan berbagai upaya memotivasi siswa.
-      Diskusi
-          Ceramah
-          Tanya Jawab
-       White bord
-       Note book


Penilaian Proses dan Hasil
11
XI
Profesi guru dalam proses pendidikan transformatif
Mengetahui dan memahami professionalisme guru.
Memahami bentuk pendidikan transformatif
Memaparkan professionalisme guru.
Menjelaskan pendidikan transformatif  
Diskusi
Ceramah
Tanya Jawab

White board
LCD
Penilaian Proses dan Hasil
12
XII
Konsep mutu pendidikan dan berbagai upaya peningkatannya
-          Memahami konsep mutu pendidikan
-          Mengetahui berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan  
Menjelaskan konsep mutu pendidikan
Memaparkan upaya peningkatan mutu pendidikan
-      Diskusi
-          Ceramah
-          Tanya Jawab
-       White bord
Note book
Penilaian Proses dan Hasil

13
XIII
Life skill dan long life education
Memahami life skill dan long life education
-          Menyebutkan konsep Life skill dan long life education
-          Diskusi
-          Ceramah
-          Tanya Jawab
-      White board
-      Note Book
Penilaian Proses dan Hasil
14
XIV
Berbagai permasalahan dalam dunia pendidikan
-          Mengetahui berbagai permasalahan dalam dunia pendidikan
-          Menjelaskan berbagai permasalahan dalam dunia pendidikan.
-          Diskusi
-          Ceramah
-          Tanya Jawab
-      White board
-      Note Book
Penilaian Proses dan Hasil
15
XV
Inovasi pendidikan

-          Memahami konsep inovasi pendidikan
-          Menjelaskan konsep inovasi pendidikan
-          Diskusi
-          Ceramah
-          Tanya Jawab
-      White board
-      Note Book
Penilaian Proses dan Hasil
16
XVI
UAS
-
                -
-
-
-