Rabu, 13 Juli 2011

CONTOH RPP GEOGRAFI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELANJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA/MA Cipta Jaya
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi: 1. Memahami Konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
Kompetensi dasar : 1.1. Menjelaskan Konsep Geografi

Indikator :
• Menganalisa konsep dasar geografi hasil Seminar Lokakarya Semarang (1988)
• Menyimpulkan konsep dasar geografi dalam kajian geosfer
Materi Pokok : - Konsep Geografi
a. Definisi Geografi
b. Konsep Geografi
c. Cabang Geografi
1 Connect Memotivasi siswa dengan menunjukkan gambar-gambar tentang gejala- gejala alam, lokasi/wilayah, manusia dan kegiatannya, pola pemukiman, dll.
2 Attend - Membagi kelompok ( 1 kelompok 4 – 5 siswa)
- Siswa mendiskusikan gambar-gambar yang ditunjukkan
- Siswa mencoba merumuskan definisi, menjelaskan gambar, dan
- Siswa menunjukkan beberapa contoh konsep geografi dalam kehidupan sehari-hari
3 Imagine Mengekspresikan materi dengan membuat skema ruang lingkup, merumuskan geografi dengan lagu atau puisi, menunjukkan contoh konsep geografi dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk gambar, drama, puisi ataupun lagu. (sesuai kemampuan kelompok masing-masing).
4 Inform Bersama kelompok masing-masing membagi bahan bacaan/referensi tentang Konsep geografi yang terdapat pada modul, atau bacaan lainnya yang menunjang, jika mungkin mengakses internet.
Guru bisa menambahkan informasi .
5 Practice 1. Mengerjakan modul
2. Membuat pertanyaan secara lisan
6 Extend Menerapkan konsep geografi yang ada dalam kehidupan sehari hari
( Lembaran tugas 3) melalui pertanyaan-pertanyaan guru
7 Refine Mengerjakan formatif test/ test lisan/ Test Blok 1
8 Perform - Membuat catatan-catatan, gambar, skema dan mempresentasikannya.
- Share bersama teman-teman.
- Menilai dan memperbaiki hasil dari siswa
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



........................... ....................................
NIP. NIP.






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELANJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMA/MA Cipta Jaya
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi:1. Memahami Konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
Kompetensi dasar : 1.2. Menjelaskankan pendekatan geografi

Indikator :
- Menjelaskan perbedaan metode/pendekatan geografi
- Menerapkan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
Materi Pokok : - Metode/Pendekatan Geografi
a. Keruangan
b. Kelingkungan
c. Kompleks wilayah
1 Connect Memotivasi siswa dengan pemutaran film tentang banjir, longsor, kekeringan,urbanisasi atau menunjukkan gambar tsb atau siswa disuruh membayangkan dan mengungkapkan tentang hal tsb diatas
2 Attend Membagi kelompok ( 1 kelompok 4 – 5 siswa)
- Siswa mencoba mendiskusikan film yang ditonton/gambar yang diamati/siswa menjelaskan sesuai persepsi mereka sendiri.
3 Imagine Siswa mengekspresikan kondisi banjir, tanah longsor, kekeringan ataupun urbanisasi dengan gambar, gerak, lagu, puisi. Sesuai kemampuan kelompok masing-masing.
4 Inform 1. Bersama kelompok masing-masing membagi bahan bacaan/referensi tentang Metode/Pendekatan Geografi, yang terdapat pada koran, majalah atau bacaan lainnya yang menunjang, atau mengakses internet.
2. Guru menggali informasikan ketiga metode/pendekatan tadi dengan kasus tsb diatas.
5 Practice - Mengerjaklan modul

6 Extend Menerapkan metode/pendekatan tadi dalam kehidupan mereka sehari-hari ( Lembaran tugas 5) melalui pertanyaan-pertanyaan guru
7 Refine Mengerjakan formatif test/ test lisan/Tes blok 1

8 Perform 1. Melengkapi dengan menggunakan bahan bacaan lewat perpustakaan, internet
2. Membuat laporan, visualisasi atau mempresentasikannya.
3. Guru melengkapi/ memperbaiki/ memberi masukan
Mengetahui, Jakarta, Juli 2006
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



........................... ....................................
NIP. NIP.






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELANJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMA/MA Cipta Jaya
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi:1. Memahami Konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi Kompetensi dasar : 1.3. Menjelaskankan Prinsip Geografi

Indikator : - Mendeskripsikan prinsip-prinsip geografi
- Menyimpulkan prinsip-prinsip geografi
- Menerapkan prinsip geografi dalam kajian geosfer
Materi Pokok : - Prinsip-prinsip geografi
a. Keruangan, b. Kelingkungan, c. Kompleks wilayah
1 Connect Memotivasi siswa dengan memperlihatkan gambar kota Jakarta, Yogyakata,Surabaya ( Kota dengan kesibukannya) atau lewat pertanyaan-pertanyaan guru.
2 Attend - Membagi kelompok ( 1 kelompok 4 – 5 siswa)
- Siswa mencoba mendiskusikan gambar yang diamati/siswa menjelaskan apa yang pernah mereka lihat/ alami sendiri setiap mereka berangkat dan pulang sekolah.
3 Imagine Mengekspresikan kondisi yang mereka alami dan mengungkapkannya melalui Kata-kata, gambar, gerak/ drama kecil, puisi dan lagu sesuai kemampuan kelompok masing-masing. ( misalnya kemacetan di jalan raya).
4 Inform Bersama kelompok masing-masing membagi bahan bacaan/referensi tentang prinsip- prinsip geografi yang terdapat pada modul atau buku geografi yang menunjang, atau mengakses internet. Dan mendiskusikannya.
5 Practice Guru menggali informasi yang dimiliki siswa tentang prinsip-prinsip yang harus dipegang dalam melihat kasus kemacetan dan menggiring pada tahapan-tahapan dalam prinsip –prinsip tersebut .
6 Extend Menerapkan prinsip-prinsip seperti penyebaran, deskripsi, interelasi dan korologi dalam kehidupan mereka sehari-hari dalam bentuk tugas dirumah

7 Refine Mengerjakan formatif test/ test lisan/Tes blok 2

8 Perform Melengkapi dengan menggunakan bahan bacaan lewat perpustakaan dan internet
Membuat catatan-catatan/ kejadian-kejadian penting/ mempresentasikannya


...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



........................... ....................................
NIP. NIP.






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELANJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMA/MA Cipta Jaya
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi:1. Memahami Konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi Kompetensi dasar : 1.4. Mendeskripsikan aspek geografi

Indikator :
a. Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan aspek sosial geografi
b. Memberikan contoh aspek - aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
c. Mengkorelasikan aspek fisik dan aspek sosial (manusia
d. Menganalisis ruang lingkup geografi
e. Menjelaskan perbedaan objek formal dan objek material geografi
f. Menganalisis struktur geografi
Materi Pokok : - Aspek geografi
a. Aspek fisik
b. Aspek sosial

1 Connect Memotivasi siswa dengan pertanyaan tentang aspek alam dan sosial
2 Attend Membagi kelompok ( 1 kelompok 4 – 5 siswa)
Siswa mencari gambar di koran-koran, majalah yang mereka bawa dan memilah - milah gejala-gejala alam ataupun sosial dan mendiskusikannya.
3 Imagine Siswa mengekspresikan melalui gambar-gambar yang mereka dapati didalam kelompok masing-masing.
4 Inform Bersama kelompok masing-masing membagi materi ( Aspek fisik/sosial) yang terdapat pada koran, majalah atau bacaan lainnya yang menunjang, atau mengakses internet. Dan mendiskusikannya.
5 Practice Mengelompokkan gambar-gambar yang didapat sesuai dengan Lembaran Tugas dalam bentuk klipping.
6 Extend Menginterpretasikan aspek fisik dan sosial dalam kehidupan mereka sehari-hari
Melalui pertanyaan-pertanyaan guru.

7 Refine Mengerjakan formatif test/ test lisan/Tes blok 2

8 Perform - Melengkapi dengan menggunakan bahan bacaan lewat perpustakaan, internet
- Membuat catatan-catatan penting apa saja yang termasuk dalam aspek fisik dansosial
- Guru menilai dan memperbaiki/ memberi masukan
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



........................... ....................................
NIP. NIP.






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELANJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA Cipta Jaya
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi: 2. Memahami sejarah pembentukan Bumi
Kompetensi dasar :
2.1. Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
2.2. Mendeskripsikan Tata Surya dan Jagad Raya
Indikator :
1. Menganalisis teori terjadinya bumi
2. Mengidentifikasi karakteristik perlapisan bumi.
3. Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
4. Mendeskripsikan teori terjadinya tata surya dan jagad raya
5. Menjelaskan perbedaan anggapan – anggapan tentang jagad raya dan alam semesta
6. Mendeskripsikan bentuk, ukuran , jarak galaksi dalam jagat raya
7. Mengidentifikasi rotasi, revolusi dan ciri-ciri fisik matahari.
8. Mendeskripsikan anggota – anggota tata surya
Materi Pokok :
a. Proses terjadinya bumi
b. Karakteristik perlapisan bumi
c. Teori lempeng tektonik
d. Tata surya dan jagad raya
1) Teori tentang terjadinya tata surya
2) Teori tentang terjadinya jagad raya
3) Anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta
4) Galaksi dalam jagat raya
5) Anggota tata surya
1 Connect - Membayangkan dan mengungkapkan hasil pengamatan tentang benda benda langit.
- Memberi kesempatan menjelaskan tentang planet mereka yang unik
- Memberi kesempatan untuk menyebutkan anggota tata surya
2 Attend Membagi kelompok ( 1 kelompok 4 – 5 siswa)
Mendiskusikan teori-teori tentang terjadinya tata surya
Mengungkapkan apa yang mereka telah miliki tentang Tata Surya
3 Imagine Bersama kelompok mengekspresikan melalui gambar-gambar/ skema/ nama-nama planet yang termasuk anggota tata surya, teori-teori terjadinya tata surya, nama-nama tokoh penemu teori.
4 Inform 1. Bersama kelompok masing-masing membagi materi tentang Tata Surya yang terdapat pada modul, buku-buku di perpustakaan, internet dan mendiskusikannya.
2. Guru menggali informasi tentang pengelompokkan planet dan Hukum tentang planet dengan menunjukkan rumus-rumusnya.
5 Practice Mengerjakan Lembaran Tugas 13, 14 dan 15 bersama kelompok atau mandiri

6 Extend Menghitung jarak antar planet dengan menggunakan hukum Kepler ,Titius-Bode dan Newton
7 Refine Mengerjakan formatif test/ test lisan/Tes blok 3

8 Perform - Melengkapi dengan menggunakan bahan bacaan lewat perpustakaan dan internet
- Membuat catatan-catatan, menjawab latihan ke muka kelas, dan
- mempresentasikannya.
- Guru menilai dan memperbaiki pekerjaan siswa.

...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



........................... ....................................
NIP. NIP.





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELANJARAN
(RPP)


Nama Sekolah : SMA/MA Cipta Jaya
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi waktu : 10 X 45 menit
Standar Kompetensi: 2. Memahami Sejarah Pembentukan Bumi
Kompetensi dasar : 2.2. Mendeskripsikan Tata Surya dan Jagad Raya

Indikator :
1. Mendeskripsikan teori terjadinya tata surya dan jagad raya
2. Menjelaskan perbedaan anggapan – anggapan tentang jagad raya dan alam semesta
3. Mendeskripsikan bentuk, ukuran , jarak galaksi dalam jagat raya
4. Mengidentifikasi rotasi, revolusi dan ciri-ciri fisik matahari
5. Mendeskripsikan anggota – anggota tata surya
Materi Pokok : - Jagad Raya
a. Teori Terjadinya Jagad Raya
b. Galaksi
c. Bintang

1 Connect Pemutaran Film tentang Alam Semesta/ menunjukkan gambar-gambar tentang alam semesta .
2 Attend Membagi kelompok ( 1 kelompok 4 – 5 siswa)
Mendiskusikan persepsi mereka tentang film yang ditonton/ gambar yang diamati.
Mengungkapkan apa yang mereka telah miliki tentang alam semesta.

3 Imagine Siswa mengekspresikan melalui gambar-gambar, skema, lagu atau drama kecil tentang teori Jagad Raya,nama-nama benda-benda di jagad raya, nama-nama tokoh penemu teori/ benda-benda yang ada di alam semesta, pandangan-pandangan manusia tentang jagar raya yang mereka dapati didalam kelompok masing-masing.
4 Inform Bersama kelompok masing-masing membagi materi Jagad Raya yang
terdapat pada modul, buku-buku diperpustakaan, internet dan mendiskusikannya.
5 Practice Mengerjakan Lembaran Tugas 9 , 10, 11 dan bersama kelompok atau mandiri

6 Extend Mengamati alam semeta terutama pada malam hari ( Lembaran Tugas 12)

7 Refine Mengerjakan formatif test/ test lisan/Tes blok 3

8 Perform Melengkapi dengan menggunakan bahan bacaan lewat perpustakaan dan internet
Membuat catatan-catatan/ kejadian-kejadian penting dan mempresentasikannya.


...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



........................... ....................................
NIP. NIP.





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELANJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA/MA Cipta Jaya
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi waktu : 10 X 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami Sejarah Pembentukan Bumi
Kompetensi dasar : 2.2. Mendeskripsikan Tata Surya dan Jagad Raya
Indikator : Mengenal anggota tata surya
- Mengamati pergerakkan harian matahari (rotasi)
- Mengamati pergerakan tahunan matahari ( Revolusi)
Materi Pokok : Karakteristik anggota tata surya
a. Matahari
b. Bagian-bagian matahari
Gerak semu matahari
1 Connect Menunjukkan gambar Solar system, bagian-bagian matahari
Memberi kesempatan menjelaskan rotasi dan revolusi dan gejala alam yang timbul

2 Attend 1. Membagi kelompok ( 1 kelompok 4 – 5 siswa)
2. Mendiskusikan gambar-gambar yang ditunjukkan ( Solar system, bag-bag matahari ) dan beberapa gejala alam yang timbul akibat rotasi dan revolusi.

3 Imagine Membayangkan dan mengapresiasikan terjadinya siang dan malam, sudut datang matahari, terjadinya musim, perbedaan waktu, dll sesuai materi dengan menggunakan gerak/drama/lagu atau apa saja sesuai kemampuan kelompok masing-masing
4 Inform Bersama kelompok masing-masing membagi materi tentang Tata Surya yang terdapat pada modul, buku-buku di perpustakaan, internet dan mendiskusikannya.
Guru menggali informasi tentang matahari, rotasi dan revolusi

5 Practice Mengerjakan Lembaran Tugas 17 bersama kelompok atau mandiri

6 Extend Mempraktekkan lembaran tugas 16. (Menentukan arah utara dan selatan dengan menggunakan tongkat dibawah bayangan sinar matahari)

7 Refine Mengerjakan formatif test/ test lisan/Tes blok 3

8 Perform Membuat catatan-catatan, menjawab kuis, dan mempresentasikannya.
sharing bersama teman-teman


...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



........................... ....................................
NIP. NIP.






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELANJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA/MA Cipta Jaya
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi waktu : 10 X 45 menit
Standar Kompetensi: 2. Memahami Sejarah Pembentukan Bumi
Kompetensi dasar : 2.1. Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
Indikator : Mendeskripsikan proses terjadinya bumi
- Mengidentifikasi karakteristik perlapisan bumi
- Menganalisis teori tektonik lempeng dan kaitannya dengan persebaran gunung berapi dan gempa bumi

Materi Pokok : Proses terjadinya bumi
- Karakteristik perlapisan bumi
- Teori Tektonik lempempeng
1 Connect Menunjukkan gambar animasi gerakan divergen dari lempeng tektonik, gambar perkembangan bumi dari zaman ke zaman, gambar/peta ring of fire, peta seismik dan gambar lapisan bumi
Memberi kesempatan untuk menjelaskan atau bertanya
2 Attend - Membagi siswa secara berpasangan
- Mendiskusikan gambar-gambar/ peta yang ditunjukkan diatas.
3 Imagine Mengapresiasikan terjadinya gempa, gunung meletus, stunami, lumpur yang keluar dari bumi dalam bentuk puisi, lagu, gambar, gerak, etc sesuai kemampuan dan kesenangan siswa.
4 Inform Bersama teman sebangku membaca modul, buku-buku yang relevan, internet tentang proses terjadinya bumi, teori lempeng tektonik, teori apung benua, lapisan- lapisan bumi, terjadinya gunung dan pegunungan, gempa, stunami, dll.
Menggali informasi tentang yang dibaca siswa
5 Practice - Mengerjakan Lembaran Tugas 18 dan 19 bersama teman sebangku
- Mengerjakan lembaran kuis secara mandiri.
6 Extend Guru memberi pertanyaan bagaimana siswa menginterpretasikan/
mengadaptasikan materi ke dalam kehidupan mereka sehari hari, misalnya jika terjadinya gempa, stunami, gunung meletus, dll. Atau dengan kegiatan pada Lembaran Tugas.

7 Refine Mengerjakan formatif test/ test lisan/Tes blok 3

8 Perform Membuat catatan-catatan, menjawab kuis, dan mempresentasikannya.
sharing bersama teman-teman



...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran



........................... ....................................
NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar